Idul Adha merupakan hari raya Islam terbesar kedua setelah hari raya Idul Fitri. Arti kata idul adha qurban ada dua makna. Pertama, arti qurban adalah dekat yang diambil dari bahasa Arab Qarib. Pandangan umum mengatakan bahwa qurban adalah upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah.

 

Kedua, arti qurban adalah udhhiyah atau bisa dikatakan dhahiyyah yang artinya adalah hewan sembelihan. Dari arti makna qurban ini, maka menjadi tradisi sebagaimana lazim dilakukan umat muslim di dunia untuk menyembelih hewan dengan cara kurban atau mengorbankan hewan yang menjadi sebagian hartanya untuk kegiatan sosial.

 

"Tradisi kurban dalam hari raya idul adha memiliki dua dimensi. Pertama, makna qurban memiliki dimensi ibadah-spiritual. Kedua, makna qurban punya dimensi sosial," ujar Bapak Ahib Ijudin, S.Pd.I selaku guru PAI SMK Negeri 2 Cilacap.

 

“Berkurban telah disyariatkan oleh Allah SWT dalam firmannya melalui surat Al-Kautsar ayat 2 dan Al-Hajj ayat 34. Harapannya dengan pelaksanaan kurban ini, semua warga SMK Negeri 2 Cilacap semakin mawas diri serta lebih baik, lebih sejahtera dan mensejahterakan dengan meneladani kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Semoga kegiatan ini membawa berkah bagi sekolah.“ pungkasnya. (zul)