SEKILAS INFO
: - Selasa, 23-04-2019
  • 2 minggu yang lalu / Wisuda dan Silaturahmi Akbar 2019 akan dilaksanakan tanggal 15 Juni 2019
  • 1 bulan yang lalu / USBN 2019 pada tanggal 29 Maret – 10 April 2019
  • 1 bulan yang lalu / UNBK 2019 dilaksanakan pada tanggal 25 – 28 Maret 2019
Apa itu Industry 4.0?

Kita berada di tengah-tengah transformasi signifikan terkait cara kita menghasilkan produk berkat digitalisasi manufaktur. Transisi ini begitu meyakinkan sehingga disebut Industri 4.0 untuk mewakili revolusi keempat yang telah terjadi di bidang manufaktur. Dari revolusi industri pertama (mekanisasi melalui air dan tenaga uap) ke produksi massal dan jalur perakitan menggunakan listrik di revolusi kedua, sementara revolusi industri keempat akan mengambil apa yang dimulai pada revolusi industri ketiga dengan adopsi komputer dan otomasi. Meskipun beberapa orang menganggap Industri 4.0 hanya sebagai kata kunci pemasaran, pergeseran sedang terjadi di bidang manufaktur yang patut mendapat perhatian kita.

Ketika komputer diperkenalkan di Industry 3.0, terjadi penambahan teknologi yang sama sekali baru. Sekarang, ketika Industry 4.0 dibuka, komputer terhubung dan berkomunikasi satu sama lain untuk akhirnya membuat keputusan tanpa keterlibatan manusia. Kombinasi dari sistem fisik-cyber, Internet of Things dan Internet of Systems membuat Industry 4.0 membuat pabrik pintar menjadi kenyataan. Sebagai hasil dari dukungan mesin pintar yang terus menjadi lebih pintar karena mereka mendapatkan akses ke lebih banyak data, pabrik-pabrik kita akan menjadi lebih efisien, produktif dan tidak boros. Pada akhirnya, jaringan mesin-mesin ini yang terhubung secara digital satu sama lain dan membuat serta berbagi informasi yang menghasilkan kekuatan sebenarnya dari Industry 4.0.

Sementara Industri 4.0 masih berkembang dan kita mungkin tidak memiliki gambaran lengkap sampai kita melihat ke belakang 30 tahun dari sekarang, perusahaan yang mengadopsi teknologi menyadari potensi Industri 4.0. Perusahaan-perusahaan yang sama ini juga bergulat dengan cara meningkatkan keterampilan tenaga kerja mereka saat ini untuk mengambil tanggung jawab kerja baru yang dimungkinkan oleh Industry 4.0 dan merekrut karyawan baru dengan keterampilan yang tepat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Arsip

Kategori

Tautan Terkait

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 19
  • Page views today : 41
  • Total visitors : 697
  • Total page view: 1,980