SEKILAS INFO
: - Selasa, 23-04-2019
  • 2 minggu yang lalu / Wisuda dan Silaturahmi Akbar 2019 akan dilaksanakan tanggal 15 Juni 2019
  • 1 bulan yang lalu / USBN 2019 pada tanggal 29 Maret – 10 April 2019
  • 1 bulan yang lalu / UNBK 2019 dilaksanakan pada tanggal 25 – 28 Maret 2019
Bagaimana sistem pendidikan di Finlandia?

Tidak ada ujian sekolah, tidak ada stres. Sistem pendidikan Finlandia secara konsisten mendapat peringkat terbaik di dunia. Mengapa Indonesia tidak mengikutinya?

Reformasi intelektual dan pendidikan Finlandia telah sepenuhnya merevolusi sistem pendidikan mereka. Sistem Finlandia tidak mendorong anak untuk ikut ujian sekolah. Meskipun ada panggilan untuk reformasi pendidikan dan kinerja yang terus-menerus dalam skala internasional, tidak banyak yang dilakukan atau diubah dalam sistem pendidikan. Banyak sekolah swasta dan negeri menjalankan sistem dan jadwal kuno yang sama yang dulu kondusif bagi masyarakat agraris.

Serba Gratis
Di Finlandia, semua sekolah dianggap sama, mereka tak mengenal sekolah unggulan atau favorit. Para orangtua tak perlu pusing memikirkan soal biaya pendidikan karena semuanya gratis. Bukan itu saja, sekolah di Finlandia juga menggratiskan biaya makan siang, transportasi, dan kesehatan.

Belajar 5 Jam Sehari
Para siswa Sekolah Dasar (SD) di Finlandia hanya menghabiskan waktu selama 4-5 jam per hari di sekolah. Untuk SMP dan SMA, memiliki sisten sama dengan perguruan tinggi. Mereka hanya datang ke sekolah pada jam mata pelajaran yang mereka pilih saja. Bagi orang Finlandia mempercayai, jam sekolah yang singkat mampu meningkatkan efektivitas dan produktivitas siswa, sehingga menjadikan mereka anak-anak yang cerdas.

Tak Ada PR dan Ranking
Di Finlandia, para pelajar tidak diberikan pekerjaan rumah alias PR. Jika ada itupun sangat minim. Mereka justru punya waktu istirahat hampir tiga kali lebih dari pelajar negara lain. Anak-anak jadi tidak merasa tertekan dengan memiliki beban pekerjaan rumah.

Mereka juga tidak mengenal sistem ranking, karena para pelajar tidak ada yang dianggap pintar atau bodoh. Hal ini membuat kesenjangan pendidikan di Finlandia sangat kecil.

Tak Ada Ujian Nasional
Pemerintah Finlandia mempercayai guru untuk evaluasi pelajaran siswa. Pemerintah di negara Skandinavia itu menganggap gurulah yang bisa menilai dan lebih tahu kemampuan siswanya. Hal ini membuat siswa tidak tertekan dan bebas mengasah kemampuan mereka di bidang yang mereka minati.

Banyak Istirahat dan Bermain
Di Finlandia, waktu istirahat sekolah bisa sampai 45 menit. Kegiatan di sekolah juga banyak diisi dengan bermain. Mereka percaya setiap siswa akan berhasil jika memiliki waktu bersantai atau beristirahat yang cukup. Para orangtua percaya bahwa anak-anak bisa belajar melalui banyak cara, salah satunya bermain.

Fasilitas Lengkap
Bagi masyarakat Finlandia, kesuksesan pendidikan anak mereka juga ditentukan oleh fasilitas sekolah yang memadai. Karena itu di dalam sekolah banyak ruang-ruang bermain atau diskusi bersama. Selain itu, ruang olahraga juga banyak tersedia untuk membuat pikiran dan tubuh siswa bisa segar setiap saat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Arsip

Kategori

Tautan Terkait

Statistik Pengunjung

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 19
  • Page views today : 77
  • Total visitors : 697
  • Total page view: 2,016