SEKILAS INFO
: - Jumat, 06-09-2019
  • 2 bulan yang lalu / Dukung Gregorius Giga Abdipatria di ajang World Skill bidang CADD di Kazan, Rusia
  • 4 bulan yang lalu / PPDB SMKN 2 Cilacap akan mulai dibuka pada tanggal 17 Juni 2019, lihat infonya di menu PPDB
OJT SMKS 2 Mei Bandar Lampung di SMKN 2 Cilacap

Sebanyak 30 peserta dari SMKS 2 Mei Bandar Lampung, ikuti pelatihan OJT Batch 2, yang digelar PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), sebagai bentuk implementasi Inpres No. 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK. Kegiatan kali ini merupakan bentuk kerjasama antara SMKN 2 Cilacap dan SMKS 2 Mei Bandar Lampung selaku mitra dengan PT. BUMA selaku penyelenggara. Kerjasama ini merupakan wujud partisipasi aktif dan konkrit PT. BUMA pada dunia pendidikan dalam rangka meningkatkan keterampilan lulusan SMK yang sesuai dengan kebutuhan Industri melalui Pendidikan dan Pelatihan Buma School sekaligus merekrut calon karyawan PT. BUMA sebagai tenaga yang siap pakai.

Siswa SMKS 2 Mei Bandar Lampung yang terpilih adalah siswa yang telah lolos seleksi berkas, psikotest, wawancara hingga tes kesehatan. Kemudian siswa yang lolos melaksanakan pelatihan BMC di sekolah dan diberangkatkan ke Cilacap untuk menjalani pelatihan selama 35 hari di SMKN 2 Cilacap sebagi pooling PT. BUMA yang didampingi oleh Bapak Suseno, S.Pd. yang juga salah satu Guru Pengajar Basic Mechanic Course (BMC) Buma School di SMKS 2 Mei Bandar Lampung.

SMKN 2 Cilacap dipilih karena SMKN 2 Cilacap telah memenuhi standar baik sarana prasarana hingga tenaga pengajar yang ditetapkan oleh PT. BUMA. Hal ini dibuktikan dengan berhasil lulusnya 30 siswa dari SMKN 2 Cilacap yang tergabung dalam OJT Batch 1. Tidak hanya itu, PT. BUMA juga memberikan bantuan praktek berupa 1 unit stand Engine Excavator dan 1 unit grader GD 705. Kerjasama SMKN 2 Cilacap dengan PT. BUMA yang telah di-lauching satu tahun yang lalu, pada awalnya hanya sebatas pelatihan Basic Mechanic Course (BMC) yang kemudian kini meningkat pada pelaksanaan persiapan calon karyawan melalui program Prakerin/OJT. Setelah Batch 2 selesai (SMKS 2 Mei Bandar Lampung), nantinya 30 siswa dari SMKN 2 Cilacap akan melaksanakan pelatihan OJT Batch 3 (60 siswa SMKN 2 Cilacap mengikuti OJT dan dibagi menjadi 2 batch/kelas, yaitu batch 1 dan batch 3).

Nantinya seluruh siswa yang telah melaksanakan OJT dan dinyatakan lolos MCU akan diberangkatkan ke Bogor untuk mengikuti pelatihan subintalsik sebelum disalurkan ke seluruh PT. BUMA di Kalimantan. Buma School, merupakan program ikatan dinas dengan Tahapan proses sebagai berikut :

1. Tes Fisik

2. Interview minat bakat

3. PSIKOTEST

4. INTERVIEW HRD dan USER

5. MCU AWAL
Jika hasil MCU awal baik maka siswa dinyatakan lolos sebagai siswa Buma School

6. PELATIHAN BMC di sekolah selama 10 bulan.

7. PRAKERIN/ OJT

8. MCU AKHIR
Jika hasil MCU akhir baik dan hasil pelatihan dan OJT sesuai standar yang diterapkan PT. BUMA maka siswa akan mendapat kontrak kerja di PT. BUMA.

Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian dan perhatian PT. BUMA terhadap mitra (dalam hal ini SMKN 2 Cilacap dan SMKS 2 Mei Bandar Lampung) yang kemudian mendapat apresiasi langsung dari kepala SMKN 2 Cilacap, Drs. Sri Muladi, M.M, “Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian PT. BUMA sekaligus ikut mendukung program pemerintah dalam mengurangi jumlah penganggur. Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena sangat bermanfaat dalam meningkatkan keterampilan, kedisiplinan dan profesionalitas. Utamanya guna menghadapi dunia kerja,” ucap beliau.

TINGGALKAN KOMENTAR

Arsip

Tautan Terkait

Statistik Pengunjung

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 24
  • Page views today : 31
  • Total visitors : 15,535
  • Total page view: 27,281
error: Stop! Konten dilindungi.