JAM SAAT INI :: TELP. (0282) 534736 EMAIL smk2cilacap@yahoo.com
Info Sekolah
Jumat, 12 Apr 2024
  • Selamat datang di SMK Negeri 2 Cilacap - SMK Pusat Keunggulan 2022
3 Juni 2022

Pendidikan Karakter Mata Pelajaran PPKN Di Masa Pandemi Covid-19

Jumat, 3 Juni 2022 Kategori : Umum

Oleh : Dra.Tatit Kartikacandra

PPKN merupakan salah satu mata pelajaran yang biasa diajarkan baik pada jenjang dasar, Sekolah Menengah, ataupun pada jenjang perguruan tinggi. PPKN menjadi salah satu pelajaran penting dan utama yang harus dipelajari oleh seluruh siswa di Indonesia. Pelajaran ini diharapkan mampu menjunjung tinggi Nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Tujuan dari pelajaran ini selain untuk meningkatkan rasa cinta tanah air, masih banyak lagi tujuan pelajaran PPKN yang ada di setiap kurikulum.

Masa pandemic covid-19 sekarang ini kegiatan pembelajaran dilakukan secara online (Daring). Kegiatan daring tersebut untuk mengantisipasi adanya penyebaran wabah pandemi covid-19 yang sangat membahayakan di lingkungan sekolah pada khususnya dan membahayakan dunia pada umumnya. Oleh karena itu segala pembelajaran harus dilakukan dari rumah dengan kata lain tidak bisa bertatap muka melainkan menggunakan media online atau yang disebut media digital. Di sela pembelajaran online ternyata kita sebagai guru harus dapat mengajarkan karakter yang baik bagi siswa walau tidak semaksimal pada pembelajaran tatap muka. Pendidikan karakter adalah bentuk kegiatan manusia yang didalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik dan diperuntukkan bagi generasi selanjutnya.

Tujuan pendidikan karakter adalah untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus-menerus dan melatih kemampuan diri Demi menuju kearah hidup yang lebih baik. Contoh pendidikan karakter adalah religius, jujur, toleransi, disiplin dan peduli lingkungan. Cara pembentukan karakter pada siswa adalah :

  1. Memberikan contoh atau teladan
  2. Memberikan apresiasi atau penghargaan
  3. Menyelipkan pesan moral ( saat mengajar )
  4. Bersikap jujur dan terbuka
  5. Membagi pengalaman yang inspiratif

(sumber : http://gayatempo.co )

Dalam undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 3 yang isinya merupakan pedoman dalam pendidikan karakter yang mana pendidikan karakter tersebut merupakan sarana untuk menanamkan nilai-nilai moral dan karakter bagi peserta didik. Jika kita melihat kondisi masyarakat saat ini sangatlah memprihatinkan. Dengan adanya krisis karakter yang terjadi di kalangan para siswa, banyak sekali terjadi tawuran antar pelajar, pornografi, bullying, kekerasan terhadap siswa, menambah deretan panjang menimpa siswa. Oleh karena kondisi yang memprihatinkan itu maka pelaksanaan pendidikan karakter bagi siswa harus selalu menjadi prioritas ,termasuk di masa pandemic covid-19. Melalui pembelajaran PPKn di sekolah saya mengajar yaitu di SMK Negeri 2 Cilacap, Pendidikan karakter bisa dilaksanakan melalui berbagai cara yaitu salah satunya selalu mengingatkan siswa yang diselipkan melalui pembelajaran jarak jauh atau daring, Misalnya selalu mengingatkan untuk kebiasaan baru yang mungkin banyak anak yang belum terbiasa seperti mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan selalu menjaga kebersihan.

Sebagai guru saya harus bisa berperan aktif untuk selalu mengingatkan para siswa Agar kebiasaan itu bisa membentuk karakter siswa menjadi lebih baik. Pada masa pandemi covid-19 peran orang tua sangat diperlukan karena siswa berada di rumah 24 jam. Sebagai guru saya bisa mengingatkan dan memotivasi siswa lewat pembelajaran daring antara lain:

  1. Mengingatkan untuk segera bangun pagi
  2. Melaksanakan ibadah tepat waktu
  3. Mempersiapkan daring setiap hari tepat waktu
  4. Mengingatkan untuk memakai seragam sekolah ketika daring
  5. Selalu mengajak berdoa sebelum pembelajaran
  6. Mengingatkan untuk absen dan selalu mengerjakan serta mengumpulkan tugas
  7. Mengingatkan untuk tidak menunda-nunda pekerjaan
  8. Mengingatkan menggunakan fasilitas internet dengan bijak
  9. Prokes dan lain-lain

Dengan mengingatkan hal tersebut harapannya dapat membuat siswa mempunyai kegiatan baru yang bisa membentuk karakter siswa  dengan sendirinya menjadi karakter yang lebih baik. Jadi proses pembentukan nilai-nilai karakter siswa di masa pandemi covid-19 bisa Berjalan seiring proses pembelajaran jarak jauh (daring). Sebagai guru PPKN saya dapat pula memberikan tugas kepada siswa yang bersifat menstimulus Pada penguatan karakter siswa seperti disiplin mandiri semangat belajar dan selalu aktif membuat karya dengan memanfaatkan media pembelajaran yang ada. Guru harus saling  berkomunikasi dengan orang tua membantu siswa belajar di rumah dan membantu dalam penguatan karakter siswa.

Keluarga yang ada di rumah diharapkan dapat mengajarkan sikap spiritual, sosia,pengetahuan, dan keterampilan.Sikap spiritual dan sosial inilah yang akan membentuk karakter siswa karena karakter adalah sifat batin yang mempengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti dan tabiat yang dimiliki oleh manusia. Pendidikan karakter tidak selalu harus mengandalkan ruang ruang kelas melalui guru yang secara resmi mengajar di sekolah namun seyogyanya dapat diperoleh juga dari keluarga yang ada di rumah serta lingkungan sekitarnya. Apalagi di masa pandemi covid-19 di mana anak-anak full berada di rumah tetap dapat mencapai tujuan pendidikan karakter yaitu mewujudkan generasi bangsa yang cerdas ,baik dan memiliki akhlak mulia  dapat diwujudkan walau di masa pandemi covid-19.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Lokasi Sekolah

Mengudara Sejak
• 12 Mei 2014 •

Arsip

Tautan Terkait